PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen Undi Mbakyu Sarinem Untuk Pelanggan

Thursday, 23 January 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - PDAM Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen melaksanakan undian hadiah Program Inovasi Mbakyu Sarinem, "Mbayar Banyu Sakdurunge Tanggal Enem", Kamis (23/1) di kantor PDAM Kebumen.

Berbagai hadiah seperti kulkas, mesin cuci, Led TV, kompor gas, disediakan dan diberikan bagi yang beruntung mendapatkan undian. Mereka adalah pelanggan yang tidak pernah terlambat dalam pembayaran. 

Menurut Kepala PDAM Kebumen Zein Mutaqin, undian Mbakyu Sarinem merupakan bentuk apresiasi untuk para pelanggan yang taat atau disiplin membayar tagian rekening air sebelum tanggal 6 setiap bulannya. 

Selain Mbakyu Sarinem, program inovasi lain yang saat ini dimiliki PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen yakni, BMWT21 (sumbangan tanaman sejumlah dua pohon setinggi 1 meter dari pelanggan baru) dan BANGKUMIS (Bangun Komunikasi SMS Praktis).

"Semua program inovasi yang kami miliki sebenarnya bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan," ujarnya.

Meski saat ini  PDAM Kebumen baru bisa dinikmati warga di 19 kecamatan dengan cakupan layanan yang baru mencapai 15,45% dari total jumlah penduduk di Kebumen.  Selain bersumber dari sungai Lukulo, sumber air PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen berasal dari sumber mata air Goa Barat, Waduk Sempor, Sungai KedungBener, dan beberapa sumber mata air lainnya. 

"Kami belum bisa melayani seluruh masyarakat karena permasalahan air baku yang semakin jauh dari pusat-pusat pelayanan. Sebarannya secara kuantitas tidak merata dan kapasitas di beberapa lokasi menurun," keluhnya.

Prestasi Meningkat

Tahun 2020 ini PDAM Tirta Bumii Sentosa akan membuka pelayanan baru di 3 (tiga) kecamatan, yakni Poncowarno, Ambal dan Mirit. Selain itu program Sambungan Rumah (SR) tahun ini akan dilayani sebanyak 2.357 unit. 

Untuk mendekatkan dan memudahkan dalam pelayanan, saat ini pelanggan PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen juga bisa memanfaatkan keberadaan MPP (Mall Pelayanan Publik), karena pembayaran tagihan air PDAM bisa dilakukan disana. 

"Ini lagi-lagi merupakan bagian dari upaya kita untuk memberikan kemudahan pada pelanggan. Harapannya, pelanggan ketika dimudahkan dalam proses pembayaran maka mereka menjadi lebih disiplin dalam membayar tagihan air setiap bulannya." ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutan Dewan Pengawas PDAM Ida Indrayani menyampaikan apresiasi atas berbagai inovasi yang dilakukan PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen. Ia juga mengucapkan selamat atas prestasi PDAM Kebumen yang  berhasil meraih peringkat 5 di Jawa Tengah sebagai BUMD Penyelenggara perusahaan air minum terbaik. Tak hanya itu, PDAM Tirta Bumii Sentosa tahun 2019 kemarin juga masuk peringkat ke-24 dari total 380 perusahaan daerah air minum se Indonesia yang dinilai baik kinerjanya oleh BPKP.  

Hal senada juga disampaikan Asisten 2 Sekretaris Daerah Nugroho Tri Waluyo. Ia menyambut baik prestasi yang telah dicapai PDAM Kebumen dan berharap di tahun 2020 ini dapat terus meningkat prestasi dan pelayanannya kepada para pelanggan. (dp/luk)