Eksekutif Dan Legislatif Akan Dialogkan Rancangan Awal RKPD 2021

Thursday, 23 January 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKANB.GO.ID - Dalam waktu dekat eksekutif dan legislatif aman duduk bersama untuk berdialog membahas Rancangan Awal RKPD Tahun 2021. Saat ini pihak eksekutif tengah mempersiapkan bahan agar nantinya dapat di sinkronkan dan dibahas bersama legislatif.

Dalam rapat persiapan pagi tadi, Kamis (23/1), Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiyono dan Kepala BAP3DA Pudji Rahayu serta para pimpinan OPD, menyampaikan langsung pada Bupati di Rumah Dinas terkait Rancangan Awal RKPD Tahun 2021 yang akan segera dikomunikasikan bersama DPRD.

Diantaranya tentang usulan rambu-rambu pokok pikiran atas kewenangan DPRD Kabupaten Kebumen Tahun 2021. Untuk kegiatan dan kewenangan Kabupaten yang menjadi sasaran dan prioritas pembangunan daerah, diantaranya yaitu pengembangan perekonomian daerah, penanggulangan kemiskinan dan pengangguraan. Tidak hanya itu,  peningkatan kualitas SDM dan layanan sosial dasar masyarakat, serta penyediaan infrastruktur dalam rangka peningkatan daya saing daerah juga akan menjadi prioritas pembangunan daerah di tahun 2021. 

Selanjutnya, terkait pencapaian target IKU Daerah atau OPD yang sesuai dengan mekanisme Permendagri No 123 Tahun 2018, untuk pengusulan hibah batuan sosial, penerima harus sudah mencantumkan by name by address. 

Untuk mekanisme penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD akan masuk dalam penyusunan RKPD Tahun 2021, mulai dari pokir DPRD, penyelarasan pokir, termasuk deadline entry pokir serta validasi dan penyampaian dokumen. 

Pada kesempatan itu Sekda juga menyampaikan kondisi keuangan daerah yang menurutnya dapat disesuaikan dengan kapasitas sumber pendanaan yang tersedia. Dalam rapat kali ini disampaikan juga adanya kenaikan sebesar 7 Milyar, yang akan digunakan untuk penyertaan modal, asumsi belanja rutin kantor, serta insentif PAD. Dari rincian ini bisa disimpulkan bahwa sisa PAD yang bebas untuk dialokasikan sebesar Rp. 105,5 Milyar.(thr/dp)