Bupati Terapkan IPTEK Untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Friday, 14 February 2020 / Berita Terkini

2020-02-14_060759.jpg

KEBUMENKAB.GO.ID – Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz didampingi jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD turun langsung ke area persawahan mengomandoi pelaksanaaan tanam padi di Desa Kembaran Kecamatan Kebumen, Kamis (14/02). Tanam padi jenis Inpari 32 ini dilakukan dengan menggunakan alsintan transplanter.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir Tri Haryono dalam laporannya mengatakan kegiatan Farm Field Day (FFD) dilaksanakan dalam rangka menerapkan mekanisasi pertanian sehingga petani semakin mengenal dan memanfaatkan teknologi dalam aktifitasnya. Dengan demikian diharapkan dapat mempercepat waktu tanam dan meningkatkan produktivitas tanaman terutama padi.

Sementara Bupati Yazid Mahfudz mengatakan inovasi ini mengajak para petani untuk semakin mengenal dan memanfaatkan teknologi agar maksimal hasil pertaniannya. Sehingga kesejahteraan petani meningkat.

"Kita harus bisa mempertahankan dan meningkatkan produktivitas pertanian. Untuk itu, kita harus bisa meningkatkan kualitas petani dan juga teknologinya. Termasuk pengembangan bibit unggul dan penggunaan mesin pertanian," kata Yazid.

Bupati berpesan kepada para petani agar menjaga dan merawat alsintan dengan baik agar memberikan manfaat yang maksimal. Petani juga dihimbau untuk terus belajar sehingga gabungan kelompok tani (gapoktan) bisa menjadi lembaga yang benar benar handal dan mandiri serta mampu mengelola agribisnis.

Bupati dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa pada tahun ini pemerintah mengucurkan bantuan benih kepada para petani, yakni melalui APBD Kebumen berupa benih padi sejumlah 300 hektare, benih jagung 200 hektare dan benih kedelai 50 hektare. APBD Provinsi juga memberikan bantuan berupa padi gogo sebesar 200 hektare, jagung 350 hektare dan benih kedelai 500 hektare. Selanjutnya, APBN Pusat bantuan benih padi gogo 2.872 hektare benih padi sawah 6.100 hektare, benih jagung 3.950 hektare, benih kedelai 1.112 hektare serta kacang hijau 200 hektare. Bupati berharap bantuan tersebut membawa manfaat maksimal dan menambah semangat para petani. (*)