Kabupaten Layak Anak : Kebumen Targetkan 2020 Raih Predikat Nindya

Thursday, 20 February 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Komitmen Pemkab Kebumen terkait dengan kepedulian hak dasar anak telah ditunjukkan melalui program dan kebijakan berupa Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak.  Kabupaten Layak Anak adalah kabupaten yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak.

Kebumen bahkan berkali-kali menerima penghargaan atas peran serta dan kepeduliannya dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). Beberapa tingkatan penghargaan dalam Kabupaten Layak Anak (KLA) yakni mulai dari pratama, madya, nindya hingga utama. Pada tahun 2019 lalu, Kebumen mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak di tingkat Madya. Targetnya, pada 2020 ini Kebumen bisa memperoleh predikat Nindya. 

Dalam Rapat Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (GT-KLA) di Ruang Rapat Setda lantai, Selasa (19/2) juga disampaikan, diharapkan setiap OPD mendukung sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

Lebih lanjut dijelaskan Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dispermades Marlina Indrianingrum, untuk memperoleh predikat Nindya setiap OPD harus ikut mendukung.

"Kita harus bersama-sama. Untuk memperoleh predikat Nindya di tahun 2020, setiap OPD di Kabupaten Kebumen harus ikut mendukung dengan mengadakan kegiatan yang melibatkan anak." ujarnya.

Dijelaskan Marlina, salah satu  satu hal yang juga harus disiapkan yakni entri data pendukung ke Sistem  KLA Nasional yang akan dimulai April 2020 mendatang. (dp)