Kewaspadaan Meningkat, Warga Terus Lakukan Penyemprotan Secara Mandiri

Saturday, 28 March 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Hingga hari ini, warga di berbagai wilayah di Kebumen masih melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri. Seperti warga di Kecamatan Pejagoan yang masih melakukan penyemprotan secara mandiri. 

Mengingat terbatasnya jumlah disinfektan, sebagian wilayah memang belum dilakukan penyemprotan. Seperti warga di sekitar Perumahan Pejagoan Indah dan Perum Syahzada. Disampaikan Ulfa, salah satu warga perumahan Pejagoan Indah, ia sudah menunggu rumahnya dilakukan penyemprotan sejak kemarin. Namun pihak RT dan RW akhirnya memberi informasi jika penyemprotan  baru bisa dilakukan, Sabtu pagi (28/3).

" Informasinya penyemprotan Jumat kemarin, tapi ada pengumuman dari RT baru bisa dilakukan Sabtu pagi," jelas Ulfa. 

Selain kendala waktu, mengingat banyaknya lokasi, terbatasnya jumlah disinfektan juga membuat warga harus bersabar.

Respon Masyarakat

Gerakan massal penyemprotan disinfektan mandiri yang dilakukan pemkab nyatanya memang mendapatkan respon positif dari masyarakat. Ini membuktikan pemahaman masyarakat untuk melakukan pencegahan penyebaran COVID-19.  

Selain melibatkan petugas kesehatan dari Puskesmas, Muspika Pejagoan juga bekerjasama dengan Koramil, Polsek dan relawan dari BPBD. Penyemprotan dilakukan mulai dari perkantoran, pertokoan di sepanjang Jalan Kenanga, Jalan Raden Patah, Jalan Tembana Sokka hingga Jalan Ronggowarsito. Yang menarik, masing-masing desa juga berinisiatif untuk membentuk relawan khusus untuk melakukan tugas ini. (dp/bakohmspejagoan)