Anis Gacor, Pelayanan Posyandu UPT Puskesmas Karanggayam 1

Monday, 29 June 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Untuk memberi rasa aman pada masyarakat sekaligus memutus mata rantai Covid-19 dalam pelayanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), UPT Puskesmas Karanggayam 1 mengaplikasikan inovasi Pelayanan Posyandu Terintegrasi Cegah Corona (Anis Gacor). Launching inovasi dilakukan di Posyandu Anggrek RT 01/ RW 01 Desa Kajoran, Kecamatan Karanggayam, Senin (29/06).

 

Pada pelaksanaan inovasi Anis Gacor, masyarakat diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan seperti mengunakan masker, mencuci tangan di air mengalir dengan sabun, menjaga jarak dan pengukuran suhu tubuh dengan termogun. Selain itu ada yang khusus dalam penimbangan balita, orang tua balita wajib membawa sarung sendiri dari rumah dan alas bagi bayi untuk mengukur tinggi badan. Hal ini untuk meminimalisir kontak dengan orang lain .

 

Selain itu dalam Anis Gacor juga disiapkan meja khusus untuk konsultasi yang dipandu oleh Bidan Desa dan kader kesehatan guna mengurangi kerumunan. Jika ada balita yang sakit atau usia rentan, maka tenaga kesehatan dari Puskesmas Karanggayam 1 akan melakukan kunjungan ke rumah untuk mengecek kondisi kesehatannya. Pelayanan Anis Gacor disambut baik masyarakat karena warga menjadi lebih tenang membawa anak balitanya ke Posyandu tanpa khawatir terpapar covid-19. (Tim)