94 Akseptor KB Ikuti Penyelenggaraan Pelayanan KB Serentak Di Kecamatan Poncowarno

Monday, 29 June 2020 / Berita Terkini

KEBUMNKAB.GO.ID – Penyelenggaraan Pelayanan KB Serentak (sejuta akseptor) dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020 tingkat Kecamatan Poncowarno pelaksanaannya dipusatkan di Klinik Keluarga Berencana (Fasilitas Kesehatan KB) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Poncowarno, Senin (29/06/2020).

 

Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu warga Kecamatan Poncowarno, terutama Pasangan Usia Subur (PUS). Total terdapat 94 akseptor KB dari 11 Desa yang ada di Kecamatan Poncowarno yang meliputi IUD sebanyak 13, Implant 17, Pil 13 dan Kondom 51 orang.

 

Hadir pada acara tersebut Kaposramil dan Ketua TP PKK Kecamatan Poncowarno beserta anggota. Ketua TP PKK Kecamatan Poncowarno memberikan dukungannya kepada ibu-ibu yang pada saat itu melakukan kontrasepsi KB implant/susuk dan menjelaskan bahwa dengan ber-KB diharapkan semua akan selalu sehat dan keluarga bahagia.

 

Kepala Puskesmas Kecamatan Poncowarno drg Zakhroh ada pandangan kuno yang menyatakan, bahwa banyak anak banyak rejeki. “Pandangan tersebut keliru, karena bila dikaji sesuai kenyataan justru banyak anak akan menimbulkan permasalahan dalam keluarga itu sendiri,” ujarnya. Zakhroh menambahkan dengan melakukan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP), ibu-ibu akan memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan dalam keluarga.

 

Selanjutnya Zakhroh mengingatkan pada kepada akseptor KB agar senantiasa mematuhi aturan kesehatan di masa pandemi covid-19. “Pada masa adaptasi kebiasaan baru (new normal), anjuran pemerintah senantiasa harus ditaati, seperti tetap wajib memperhatikan standar kesehatan pencegahan kuman, bakteri juga virus. Dari mulai cuci tangan pakai sabun, memakai masker, hingga berperilaku pola hidup bersih dan sehat. Jangan lupa jaga jarak aman, dimana potensi kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti berkerumun, agar dihindari,” terang Zakhroh.

 

Pelaksanaan pelayanan kontrasepsi bagi peserta akseptor KB diikuti penuh antusias dengan ditangani oleh Bidan/Tenaga Medis pada Puskesmas Unit Kecamatan Poncowarno. (whj)