Kualitas Pelayanan Perumda Diharapkan Semakin Meningkat

Wednesday, 29 July 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz menyampaikan tanggapan dan atau jawaban atas pandangan umum Fraksi terhadap 2 (dua) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Kebumen, pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kebumen Rabu (29/07). Kedua Raperda tersebut yakni Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bumi Sentosa dan Raperda tentang Perusahaan Perseroan Daerah Luk Ulo Farma.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati diantaranya menyampaikan terkait pertanyaan dari Fraksi PDIP tentang korelasi antara penamaan Tirta Bumi Sentosa dengan kualitas pelayanan terhadap masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Bupati menjelaskan  bahwa sebagaimana telah diatur dalam Pasal 331 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Pasal 4 Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, disebutkan bahwa daerah dapat mendirikan BUMD, dan BUMD tersebut terdiri dari Perusahaan Umum Daerah dan Perusahaan Perseroan Daerah. Dengan perubahan bentuk hukum dari Perusahaan Daerah menjadi Perusahaan Umum Daerah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan air minum kepada masyarakat.

 

Selanjutnya terhadap permintaan penjelasan Fraksi Partai NasDem terkait penghasilan dan jaminan bagi pegawai dan komisaris terbagi atas apa saja dan masing-masing berapa persen dan diambil dari dana apa, Bupati menyampaikan  bahwa penghasilan bagi pegawai terdiri dari gaji, tunjangan, fasilitas, dan/atau jasa produksi atau insentif pekerjaan. Sedangkan penghasilan bagi komisaris terdiri dari honorarium, tunjangan, dan/atau tantiem atau insentif kinerja, penghasilan untuk Direksi terdiri dari gaji, tunjangan, fasilitas, dan/atau tantiem atau insentif pekerjaan. Adapun penghasilan bagi pengurus (direktur dan komisaris) dan pegawai dialokasikan dari dana operasional perusahaan (biaya tenaga kerja).

 

Rapat dipimpin Ketua DPRD Sarimun didampingi Wakil Ketua Fuad Wahyudi dan Yuniarti Widyaningsih. Rapat Paripurna juga diikuti oleh Sekda Ahmad Ujang Sugiono/ dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab kebumen secara virtual dari  Pendopo Rumah Dinas Bupati. (Nov)