Hari Ini Semua Anggota Panwaslu Ditargetkan Tuntas Jalani Rapid Test

Tuesday, 4 August 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Sebanyak 553 orang penyelenggara terdiri dari 15 jajaran Bawaslu Kabupaten, 78 Panwaslu Kecamatan dan 460 Pengawas Kelurahan/Desa pada hari ini, Selasa (4/8) ditargetkqn tuntas menjalani rapid test yang digelar di 5 (lima) wilayah yaitu Distrik Karanganyar,  Mirit, Gombong,  Kutowinangun, dan Pejagoan. Selanjutnya akan dilakukan rapid test tahap dua jelang pemilihan Bupati/Wakil Bupati untuk memastikan kembali seluruh anggota Panwaslu dalam kondisi kesehatan yang baik.

 

Komisioner Bawaslu, Siti Maesaroh M.Ag saat meninjau langsung pelaksanan rapid test anggotanya di Puskesmas Karanganyar mengatakan, rapid test wajib dilaksanakan agar Pilkada serentak yang akan dihelat pada Desember mendatang dapat berlangsung aman, lancar dan tak ada yang terpapar covid 19. 

"Penyebaran covid 19 masih cukup rawan, karenanya harus dicegah secara bersama-sama. Kami lakukan rapid test ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Nomor 0207/K.BAWASLU/TU.00.01/VI/2020 tentang Standarisasi Alat Pelindung Diri (APD) Protokol Kesehatan Covid-19 bagi jajaran Pengawas Pemilu," ungkap Maesaroh. 

 

Hari sebelumnya Bawaslu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen telah melakukan rapid test di Puskesmas Kebumen. Hari ini, penyelenggaraan Rapid-Test  dilaksanakan secara serentak di 5 lokasi yaitu Puskesmas Karanganyar meliputi 5 kecamatan yakni Adimulyo, Karanganyar, Karanggayam, Puring dan Kuwarasan. 

 

Puskesmas Gombong 1 terdiri dari 5 kecamatan yaitu Gombong Rowokele, Ayah, Buayan, Sempor. Puskesmas Kutowinangun terdiri dari 3 kecamtan yaitu Ambal, Kutowinangun, Poncowarno. Dan Puskesmas Pejagoan terdiri dari 4 kecamatan yaitu Klirong, Petanahan, Sruweng, Pejagoan. Sedangkan satu lokasi di Aula Kecamatan Mirit terdiri dari 4 kecamatan yaitu Bonorowo, Mirit, Padureso, Prembun. (mn)