244 Orang Terima Beasiswa BAZNAS Kebumen

Thursday, 6 August 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - BAZNAS Kabupaten Kebumen serahkan beasiswa bagi 244 orang. Program beasiswa BAZNAS Kebumen ini sudah berlangsung sejak tahun 2011. Mereka adalah 147 siswa dari  jalur miskin dari jenjang SMP/MTS yang akan melanjutkan ke jenjang SMA/SMK/MA, 45 siswa jalur miskin dari SMA/SMK/MA ke Strata 1, 10 mahasiswa jalur miskin dari Strata 1, serta 24 orang jalur Tahfidz dan 17 orang jalur kader dakwah.

Penyerahan beasiswa Kamis pagi, (6/8) dilakukan langsung Plt Kepala BAZNAS Kabupaten Kebumen drh Djatmiko, didampingi sejumlah pengurus.

Menurut Djatmiko, proses seleksi penerima beasiswa dilakukan dengan ketat. Namun mengingat kondisi di tengah pandemi COVID-19,  selain seleksi administrasi, peserta juga harus lolos seleksi wawancara. 

" Penerima beasiswa kami seleksi sesuai dengan jalur per jenjang penerima," jelas Djatmiko.

Djatmiko juga menjelaskan, pendaftaran prgram beasiswa ini dibuka setiap tahun ajaran baru. Peserta harus lolos persyaratan standart operasional prosedur (SOP) untuk bisa lanjut ke tahap seleksi berikutnya.

Seperti untuk penerima beasiswa jalur tahfidz quran (BTQ), selain beragama Islam, penerima juga harus hafal Al Quran minimal 5 juz, peserta masih bersekolah bak di sekolah formal atau non formal, dan usia maksimal pendaftar 25 tahun pada Mei 2020. Kemudian beberapa persyaratan bagi penerima beasiswa jalur kader dakwah salah satu persyaratannya adalah guru yang mengajar di TPQ minimal 3 (tiga) tahun. Untuk tahun ajaran 2020/2021 ini, BAZNAS Kebumen mengeluarkan anggaran sebesar 1.564 Milyar rupiah.  (dp)