Petani Di Desa Munggu Kecamatan Petanahan Tanam Rumput Odot

Thursday, 6 August 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Petani di daerah Munggu, Kecamatan Petanahan lebih memilih lahan pertaniannya ditanami rumput odot. Menurut Sahida, salah satu petani warga Munggu mengatakan bahwa dirinya sudah 15 tahun memilih lahan pertaniannya ditanami rumput odot.

 

Menurutnya rumput odot lebih menguntungkan dibanding tanaman lain. Sebagai perbandingan sahida menuturkan, lahan seluas 100 ubin miliknya saat ditanami kacang akan mendapatkan hasil panen sekitar 2,5 juta dalam 3 bulan. Sedangkan bila lahan tersebut ditanami rumput odot, sahida akan mendapatkan 1,5 juta hasil panen rumput odot setiap 45 hari sekali.

 

Keuntungan lain juga dilihat dari efektifitas waktu. Rumput odot hanya butuh sekali tanam dengan berkali kali panen. Bila sudah dipanen cukup dipupuk maka rumput akan tumbuh subur kembali.

 

Rumput odot merupakan jenis rumput yang masih berkerabat dengan rumput gajah, sehingga sekilas penampakannya terlihat seperti rumput gajah. Rumput jenis ini merupakan salah satu pakan hijauan ternak berprotein tinggi dan menjadi salah satu rumput kesukaan ternak. Oleh karena itu rumput odot banyak dimanfaatkan peternak untuk proses penggemukan sapi dan kambing. (Tim)