Geopark Karangsambung-Karangbolong Butuh Dukungan Insan Pers

Tuesday, 19 February 2019 / Berita Terkini

3 FIX.jpg

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kebumen, H. Ahmad Ujang Sugiono SH, mewakili Bupati Kebumen membuka Sarasehan Hari Pers Nasional tahun 2019, di Pendopo Rumdin Bupati, Selasa (19/2). Sarasehan yang mengangkat tema “Membedah Potensi Lokal di Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong” ini diikuti oleh perwakilan OPD, Pokdarwis dan perwakilan desa.

Ujang menjelaskan, Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong telah mendapat sertifikat sebagai Geopark Nasional pada Jumat, 30 November 2018 yang lalu. Kawasan geopark ini meliputi 59 situs utama yang terdiri 41 situs geologi, 8 situs biologi dan 10 situs budaya serta mencakup 117 desa dan 12 Kecamatan di Kabupaten Kebumen. Keberadaan Geopark ini diharapkan dapat meningkatkan perekenomian masyarakat Kebumen sehingga ikut membantu dalam upaya pengentasan kemiskinan.  "Kita ingin, geopark menjadi modal kebangkitan semangat baru untuk mengentaskan kemiskinan, menuju kemakmuran dan kesejahteraan, serta konservasi alam" tandas Ujang.

Pengelolaan dan pengembangan Kawasan Geopark membutuhkan beberapa faktor pendukung diantaranya pendanaan, ketersediaan sarana dan prasarana pariwisata, pemahaman masyarakat akan konsep geopark serta kesadaran akan pentingnya konservasi. Jika faktor-faktor tersebut terpenuhi, Ujang yakin Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong dapat berperan dalam menggerakan pembangunan wilayah. "Kita tahu, dalam pembangunan daerah dikenal konsep Prime Mover (sektor besar yang menjadi penggerak utama sektor lain) untuk kemajuan daerah, nantinya Kawasan Geopark ini mampu berperan sebagai lokomotif dalam pembangunan wilayah," paparnya.

Ujang berharap kedepannya Geopark Karangsambung-Karangbolong dapat berkembang menjadi geopark internasional. Namun untuk mewujudkannya tidaklah mudah, perlu dilakukan berbagai upaya diantaranya promosi, pengemasan dan penataan Kawasan Geopark. Hal ini menjadi tanggungjawab bersama antara Pemerintah, masyarakat, organisasi masyarakat, swasta, dan pelaku-pelaku wisata lainnya, termasuk juga insan pers.

Acara sarasehan ini menghadirkan beberapa narasumber yakni Ketua Jaringan Geopark Indonesia, yang juga GM Gunung Sewu UNESCO Global Geopark, Budi Martono, Mantan Kepala BAP3DA Kebumen, yang juga kandidat Ketua Badan Pengelola Geopark Karangsambung-Karangbolong, Djoenedi Fatchurahman serta Kepala UPT Balai Informasi dan Konservasi LIPI Karangsambung, Edi Hidayat. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba foto tentang Geopark Karangsambung-Karangbolong. Lomba foto digelar dalam rangka memeriahkan HPN oleh PWI Kebumen bekerjasama dengan Bagian Humas Setda Kebumen. Disamping itu juga dilakukan penyerahan santunan kepada 20 anak yatim berupa uang tunai dan perlengkapan sekolah, hasil kerjasama dengan Lazismu Kebumen. (tim)