Kecamatan Karanganyar Gelar Konferensi Dinas

Tuesday, 19 February 2019 / Berita Terkini

2 FIX.jpg

Camat Karanganyar, Drs.Agus Susanto memimpin konferensi dinas tingkat Kecamatan Karanganyar di Pendopo Kecamatan, Selasa (19/2). Konferensi dinas dihadiri seluruh Lurah dan kepala desa se-Kecamatan Karanganyar, Kapolsek AKP.Mawachir,  
Wanmil Koramil, Kepala UPT masing-masing dinas, Koordinator PPL, Ketua PPK serta intitusi terkait lainnya.

Camat Agus Susanto mengatakan, konferensi dinas ini untuk meningkatkan Koordinasi program kerja di masing-masing unit kerja di wilayah
Kecamatan Karanganyar. Dengan harapan, sejumlah program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan di kecamatan tepat sasaran dan sesuai target pemerintah kabupaten. "Konferensi dinas ini sebagai sarana berbagi informasi dan evaluasi kinerja demi peningkatan kinerja aparatur pemerintah serta mengulas kendala yang di hadapi," ujar Camat.

Dalam konferensi dinas ini diungkap beberapa catatan penting yang harus dilaksanakan oleh setiap pemerintahan desa diantaranya meningkatkan budaya kedisiplinan kerja dan dedikasi yang tinggi dalam memberikan  pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Buat standar pelayanan minimal baik biaya, waktu dan lainnya. Bagi penerintah desa jika mengambil pungutan dana apapun harus ada dasar hukumnya yg tertuang dalam peraturan desa. Hal ini guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan bersama," ujar Camat.

Camat Agus juga meminta kepada seluruh pemerintahan desa/kelurahan agar mengoptimalkan kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), segera mekakukan penyusunan APBDes 2019 yang ditargetkan harus selesai pada bulan Maret 2019. Bentuk pula BPD karena akan habis masanya pada April 2019. Anggota BPD mininal 5 maksimal 9 orang dan harus ada keterwakilan perempuan.

Selain itu, pemerintah desa harus segera menyelesaikan pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB). "Sampai hari ini dari 11 desa/Kelurahan di Kecamatan Karanganyar baru satu kelurahan dan dua desa yang telah lunas PBB, yakni Kelurahan Panjatan, Desa Giripurno dan Desa Wonorejo. Total realisasi penerimaan baru mencapai 40,53% atau senilai Rp.558 juta dari target Rp.1,37 miliar," ungkap Camat.

Adapun realisasi penerimaan PBB P2 Tahun 2019 di wilayah Kecamatan Karanganyar sampai bulan Februari 2019 ini adalah, Kelurahan Karanganyar terealisasi Rp.144, 2 juta dari target Rp.327,6 juta, Kelurahan Plarangan terealisasi Rp.48,4 juta dari target Rp.121,4 juta, Kelurahan Jatiluhur Rp.110,7 juta dari target Rp.165,7 juta. Sedangkan pemerintahan desa yang belum melakukan pembayaran PBB  diantaranya adalah Desa Pohkumbang capaian 0% dari wajib pajak senilai Rp.90.6 juta belum serupiahpun terealisasi. Desa Grenggeng terealisasi Rp.13,3 juta dari target Rp.104,9 juta, Karangkemiri terealisasi Rp.96,7 ribu dari target Rp.44,9 juta.(mn)