Sukseskan Kebumen World Clenup Day 2020, Pilah Sampah Dari Rumah

Tuesday, 15 September 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Untuk mewujudkan Indonesia bersih sampah dan membangkitkan kesadaran masyarakat akan isu persampahan di Indonesia Organisasi World Clenup Day (WCD) Indonesia, Pemkab Kebumen mengadakan gerakan bersama 'aksi clenup dan pilah sampah dari rumah'. Kegiatan ini juga dilaksanakan di tingkat provinsi Jawa Tengah, yang mengangkat tema khusus, yakni 'Jateng Kudu Resik'. 

Aksi clenup dan pilah sampah dari rumah melibatkan semua OPD, TNI/POLRI, Sekolah/ Madrasah, Pondok Pesantren, komunitas serta seluruh lapisan masyarakat. Gerakan pilah sampah dari rumah dimulai pada tanggal 12 September 2020. Sebagai puncak aksi gerakan bersama ini yakni gerakan pungut sampah secara serentak yang akan dilaksanakan pada Sabtu 19 September 2020, mulai pukul 07.00 WIB dengan lokasi ruang publik atau di setiap lingkungan rumah. 

Untuk Kabupaten Kebumen, aksi clenup day berlangsung mulai 13 hingga 19 September 2020.  Sedangkan untuk puncak acara akan dilaksanakan Jumat (18/9).

Dijelaskan Kepala Seksi Lingkungan Hidup Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup  Alfia Diananita Zulfa, masyarakat bisa ikut berpartisipasi dengan melakukan registrasi di link   htpps://bit.ly/REGISTRASIWCDKEBUMENKAB2020 kemudian melaporkan aksi yang dilakukan di link htpps://bit.ly/PELAPORANWCDKEBUMENKAB2020 .

" Kami tidak menargetkan apa-apa, hanya berharap akan banyak masyarakat yang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujar Diana.

Diana juga menjelaskan, hasil dari sampah yang terkumpul nantinya bisa diolah sendiri oleh masyarakat atau diserahkan pada pegiat 'Bank Sampah', atau dapat diserahkan pada petugas sampah di lingkungan masing-masing. 

" Sampah yang terkumpul nantinya bisa diolah sendiri oleh masyarakat atau diserahkan pada diserahkan ke petugas sampah di lingkungan masing-masing," tambah Diana. 

Sejarah WCD

World Cleanup Day adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.

Pada tanggal 15 September 2018, World Cleanup Day yang pertama berhasil dilakukan serentak di 157 negara, menyatukan 18 juta orang dari seluruh dunia, dan mengumpulkan 88.500 ton sampah.

Dan pada tanggal 21 September 2019, WCD Kedua berhasil dilakukan serentak di 180 negara, menyatukan 21,2 juta orang dan mengumpulkan 100.000 ton sampah.

Aksi cleanup pertama pada tahun 2018, Indonesia berhasil menyatukan 7.688.332 relawan dan mengumpulkan 14.877 ton sampah dan pada tahun 2019,  Indonesia berhasil menyatukan 9.539.315 relawan dan mengumpulkan 15.383 ton sampah. Indonesia menorehkan sejarah dengan menjadi negara pemimpin cleanup terbesar di dunia dua tahun berturut-turut.

Mengingat situasi pandemi, pelaksanaan kegiatan  Kebumen Kebumen World Clenup Day 2020 sendiri, akan tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang berlaku. (dp)