Pastikan Semua Penduduk Terdata, BPS Kebumen Akan Gelar Census Night

Tuesday, 15 September 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) Kebumen akan menggelar Census Night yang direncanakan akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni Selasa (15/9) pada pukul 21.00 WIB dan Rabu (16/9) pukul 06.00 WIB.

Dalam rapat koordinasi, Selasa (15/9) di ruang rapat BPS Kebumen dijelaskan Kus Haryono Ketua BPS Kebumen  bahwa pihaknya menargetkan  seluruh penduduk Indonesia bisa terdata dan  tidak ada yang tertinggal pencatatannya dalam Sensus Penduduk tahun 2020. Untuk itu  kami menggelar Census Night agar semua masyarakat, tanpa terkecuali mereka yang tidak memiliki tempat tinggal pun bisa terdata.

 

" Sensus Night diperuntukan bagi penduduk yang tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap atau tunawisma, seperti yang tinggal di kolong jembatan, manusia gerobak , berada di emperan toko , pinggir jalan, pasar terminal dan stasiun," jelas Kus


Census Night  akan dibadi menjadi 3 (tiga) wilayah, yaitu wilayah timur,  tengah dan wilayah barat. Wilayah timur meliputi pasar dan alun- alun  Prembun, pasar dan alun- alun Kutowinangun, serta  pasar dan alun-alun Ambal.

Untuk wilayah tengah meliputi wilayah Kebumen kota, yaitu Pasar Tumenggungan, bekas bioskop start, alun- alun, stadion, stasiun, terminal colt, terminal bus dan pasar ayam Tamanwinangun. Kemudian di Kecamatan Sruweng meliputi Pasar tengok, Pasar Kejawang, Pasar Petanahan dan Pasar Dorowati Klirong. 

Untuk wilayah barat akan mendata penduduk  tunawisma di  pasar dan Alun-alun Karanganyar, pasar danTerminal Bus Gombong, Pasar Sitiadi Puring dan Pasar dan Pool Sinarjaya Purbowangi. 

Sensus juga akan di laksanakan ditempat - tempat khusus seperti pondok pesantren, panti asuhan dan  panti  rehabilitasi mental. Pelaksanaan pendataan untuk Census Night ini akan dilaksanakan pada  tanggal 17 September 2020 mendatang. (rat/dp)