Update Data Penyandang Disabilitas, Dinsos PPKB Akan Libatkan Penyuluh KB Dalam Pendataan

Tuesday, 15 September 2020 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Penyuluh Keluarga Berencana (KB) akan dilibatkan dalam pendataan penyandang disabilitas. Hal tersebut mengemuka dalam Pertemuan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Kecamatan Kebumen, Selasa (15/9) di pendopo Kecamatan setempat. 

Dijelaskan Kepala Dinas Sosial dan PPKB Eko Widianto, setelah disahkannya peraturan daerah perlindungan dan pemenuhan hak-hak disabilitas, pihaknya memerlukan updating dan verifikasi data penyandang disabilitas. Dengan demikian dapat diperoleh data terbaru penyandang cacat di Kebumen. 

Atas dasar tersebut, Dinsos PPKB akan melakukan pendataan penyandang disabilitas dengan melibatkan para Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) yang merupakan mitra kerja dinas sosial PPKBD dan dinilai sangat mengerti kondisi masing-masing Desa.

" Kami akan melibatkan kader PPKBD di tingkat desa, karena mereka yang paham kondisi di wilayah masing-masing sehingga kami akan minta bantuan untuk bisa ikut mendata jumlah disabiltas yang ada di wiilayah mereka," jelas Eko

Pertemuan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) kali ini juga sekaligus dilaksanakan penyerahan kendaraan operasional berupa satu unit sepeda motor untuk penyuluh KB Kecamatan Kebumen. Eko berharap dengan dengan adanya kendaraan baru ini dapat meningkatkan kinerja para penyuluh KB. 

" Semoga kinerja meningkat, dan semoga kita semua tetap sehat," tutup Eko. (luk/dp)