Kebumen Masuk 10 Besar SPBE Terbaik Tahun 2020

Monday, 5 April 2021 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Sebuah berita baik di awal April Tahun 2021 ini. Kabupaten Kebumen dinyatakan masuk dalam 10 besar Kabupaten/Kota dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) terbaik di Indonesia Tahun 2020.

SPBE merupakan bentuk inovasi sektor pemerintahan di berbagai Kementerian, Lembaga, hingga Pemerintah Daerah.

SPBE bisa dibilang merupakan suatu terobosan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada masyarakat luas. Hal ini seperti yang tertuang pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

SPBE juga ditujukan untuk untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta untuk pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

SPBE juga memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka dan meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama.

Lain itu, SPBE juga meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas, serta menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik. (dp)