Wabup Ristawati Beri Apresiasi, Meski Pandemi Penerimaan PBB P2 Tahun 2020 Tetap Naik

Wednesday, 7 April 2021 / Berita Terkini

KEBUMENAB.GO.ID - Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya melihat peran serta dan kesadaran masyarakat dalam pembayaran PBB yang setiap tahunnya semakin meningkat.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka 'Pengundian Hadiah Gebyar Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Tahun 2021 Untuk Wajib Pajak', Rabu (7/4).

Dalam acara yang juga disiarkan langsung melalui Ratih TV dan Radio In FM ini, Wabup Rista juga mengungkapkan, capaian penerimaan PBB pendapatan dalam 3 tahun terakhir. Yakni pada tahun 2018 sebesar Rp 42,2 miliar, Tahun 2019 sebesar Rp 48,2 miliar dan Tahun 2020 sebesar Rp 48,4 miliar. Bahkan meski pandemi, pada tahun 2020 penerimaan PBB P2 tetap naik. 

" Saya mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan pada hari ini dengan harapan dapat menjadi contoh dan keteladanan bagi semua dalam rangka kewajiban membayar pajak. Saya berkeyakinan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan penerimaan pendapatan daerah khususnya disektor PBB serta memberikan motivasi kepada masyarakat untuk wajib pajak dapat membayar pajak PBB tepat waktu, dan tepat jumlah," ujar Wabup Ristawati 

Rista juga menjelaskan, terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten (APBD) Kebumen Tahun 2021 yang besarannya yaitu  sebesar Rp 2.752, 338 Triliyun (dua triliun tujuh ratus lima puluh dua miliar tiga ratus tiga puluh delapan juta delapan ribu rupiah), dengan komposisi pendapatan daerah yang masih di dominasi oleh dana pusat melalui penerimaan dana perimbangan, baik DAU, DAK, maupun dana bagi hasil pajak.

Sebagai informasi, sumber pembiayaan pembangunan daerah yang potensial, pajak daerah sebagai bagian dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) memberikan kontribusi sebesar 27% dari penerimaan PAD. Di dalamnya terdapat PBB dengan target APBD untuk tahun 2021 direncanakan sebesar Rp.47,5 miliar atau menyumbang sekitar 50% dari keseluruhan pajak daerah.

" Untuk mencapai persentase tersebut, tentunya diperlukan upaya-upaya inovatif agar sumber pembiayaan pembangunan daerah ini dapat memberikan hasil yang signifikan, mulai dari pengelolaan data, penggalian potensi, penagihan, dan peningkatan  pelayanannya," tambah Wabup 

Inovasi penanganan PBB mulai dari Satu Hari Lunas, program Gebyar Undian Pajak Bumi dan Bangunan bagi Wajib Pajak, secara khusus juga mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati. Menurutnya hal tersebut merupakan inovasi yang cukup baik untuk semakin menumbuhkan motivasi dalam membayar pajak.

Sementara itu, Plt Kepala Bappenda Rini Kristiani menyampaikan tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk meningkatkan motivasi bagi kecamatan, desa/kelurahan atas penanganan PBB dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar PBB di awal waktu sehingga realisasi PBB dari waktu ke waktu terus meningkat.


“Bappenda Kabupaten Kebumen kedua kali melaksanakan Gebyar Pajak Bumi dan Bangunan Tahun 2021, diselenggarakan sesuai dengan protokol pencegahan penularan Covid-19 melalui live streaming dikarenakan wabah Covid-19 yang belum usai,” jelas Rini.(dp)