Bupati Resmikan POSKESTREN Dan TELESEHAT SANTRI

Tuesday, 13 April 2021 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Bupati Arif Sugiyanto meresmikan Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN) dan TELESEHAT SANTRI di Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu Kebumen, Senin (12/4).

Poskestren merupakan salah satu wujud upaya kesehatan berbasis masyarakat di lingkungan pondok pesantren. Prinsip program ini yakni, dari oleh dan untuk seluruh warga pondok pesantren. Bupati pun meminta kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas agar turut membantu membina kader pesantren dalam pengelolaan Poskestren.

Hal utama yang diperhatikan dari Porkestren adalah mengutamakan pelayanan peningkatan promosi kesehatan dan pencegahan, tanpa mengabaikan aspek pengobatan dan pemulihan kesehatan, serta meningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara terpadu.

Program lainnya yang diresmikan Bupati Artif Sugiyanto yang pada kesempatan itu hadir didampingi istri, Iin Windarti dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, yakni Telesehat Santri.

Telesehat Santri menjadi program digital health care yang merupakan bagian penting dalam menyambut era digital 4.0 di Indonesia. Program pelayanan kesehatan berbasis digital yang memiliki nilai strategis dan efek positif dalam jangka panjang setidaknya untuk menciptakan persepsi dan pemahaman yang sama di kalangan pondok pesantren. (dp)