Latih PBB, Babinsa Rowokele Siapkan Lomba Pesta Siaga

12 March 2020 07:43:29 WIB | dikirim oleh : Administrator
KOMANDO DISTRIK MILITER 0709 KEBUMEN

KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa Koramil 21/Rowokele Serma Suratno dan Serda Nur Cahyanto melatih PBB siswa SD N 1 Pringtutul dalam rangka kesiapan lomba pesta siaga 2020 tingkat Kabupaten Kebumen. Kegiatan tersebut dilaksanakan halaman SD Negeri 1 Pringtutul wilayah RT 06 RW 01 Desa Pringtutul, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Rabu (11/3/20). 

Latihan PBB ini dilakukan guna kesiapan menghadapi lomba pesta siaga tingkat Kabupaten Kebumen yang akan digelar pecan depan. Disela-sela kegiatannya Serma Suratno menyampaikan, “Saya menginginkan anak-anak memiliki sikap PBB yang benar sesuai buku petunjuk, latihan ini tentunya tidak untuk persiapan lomba saja, tetapi diarahkan pada pembentukan sikap dan karakter anak, sehingga harapan kita mereka akan bisa memberikan warna sekolah ini.” ungkap Suratno. 

Suratno menambahkan, “Latihan ini bertujuan khusus yakni memberikan motifasi belajar siswa agar lebih giat dan optimal dalam berlatih serta menanamkan jiwa nasionalisme kepada anak sejak dini,” ungkapnya. 

Mengenai pengenalan PBB kepada siswa SD, menurut Serma Suratno masih dalam tahap mampu melaksanakan dan mengerti tentang aturan baris berbaris karena kedepan diharapkan para siswa tersebut sebagai cermin jika ditunjuk pada efen-efen tertentu seperti upacara dan lomba. Lanjut dia, Saya berikan latihan baris berbaris ini sebagai dasar untuk memiliki sikap dan disiplin yang baik nantinya.” imbuhnya. 

Kepala SD N 1 Pringtutul Kinkin Winarsih S.Pd. SD, selama ini TNI merupakan figur yang terkenal kedisiplinannya oleh karenanya diharapkan nantinya dengan melihat figur dari TNI bisa terinspirasi.  “Pihak sekolah mengucapkan terimakasih kepada Koramil yang sudah melatih dan memberikan materi-materi persiapan pesta siaga salah satunya yaitu materi PBB ini. Semoga SD Negeri 1 Pringtutul bisa mengikuti lomba dengan lancar dan bisa menampilkan yang terbaik,' ujar Kepala Sekolah. (Pendim).